Layanan RSUD Karangasem

Kegiatan pelayanan rawat jalan di RSUD Kabupaten Karangasem dilaksanakan di poliklinik untuk jam buka loket yaitu jam 07.30 – 13.00 wita untuk hari Senin s/d Kamis dan jam 07.30 - 11.00 wita untuk hari Jumat, dan untuk hari Sabtu dari jam 07.30 – 12.00 Wita.
Pelayanan ini diatur dibawah organisasi Instalasi Rawat Jalan.
Jenis pelayanan rawat jalan yang tersedia adalah:
1. Poliklinik Kesehatan Anak
2. Poliklinik Kebidanan & Penyakit Kandungan
3. Poliklinik KB
4. Poliklinik Penyakit Dalam & Umum
5. Poliklinik Bedah
6. Poliklinik Kesehatan Gigi & Mulut
7. Poliklinik THT
8. Poliklinik HD
9. Poliklinik Fisioterapi
10. Poliklinik VCT
11. Poliklinik Gizi
12. Poliklinik Kulit & kelamin
13. Poliklinik Saraf
14. Poliklinik Psikiatri & Adiksi
15. Poliklinik Mata.
16. Poliklinik Paru
Di Tahun Anggaran 2017, akan ditambah Pelayanan Poliklinik Anastesi dan Poliklinik Ortopedi.


PELAYANAN HEMODIALISA

Merupakan Layanan Unggulan RSUD Kabupaten Karangasem yang melayani cuci darah bagi pasien-pasien gagal ginjal. Pelayanan Unit HD berada dibawah Instalasi Rawat Jalan dan berkoodinasi dengan SMF Penyakit Dalam. Pelayanan hemodialisa dimulai sejak tahun 2008 diawali dengan pengoperasian 2 mesin hemodialisa. Sampai saat ini unit HD sudah mengoperasikan 13 mesin hemodialisa ( 1 mesin HD ditempatkan di ruang ICU untuk pasien ICU yang terindikasi cuci darah).


PELAYANAN GAWAT DARURAT

Pelayanan gawat darurat di RSUD Karangasem dilaksanakan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) yang buka 24 jam penuh dikelola oleh tenaga medis dan paramedis yang telah mempunyai keahlian penanganan gawat darurat trauma dan non trauma, baik yang dasar/basic maupun yang adnvance (ATLS, ACLS, dan BTCLS).
Selain melayani kasus gawat darurat trauma dan non trauma, IGD juga menangani kasus gawat darurat di bidang kebidanan dan anak (IGD Kebidanan dan IGD Bayi) serta dilengkapi dengan ruangan khusus bagi pasien-pasien false emergency.


PELAYANAN RAWAT INAP

Pelayanan rawat inap dilaksanakan dibawah koordinasi Instalasi Rawat Inap yang operasionalnya didukung bangsal - bangsal perawatan yang jumlahnya 9 bangsal yaitu bangsal Kamboja untuk pelayanan kebidanan dan kandungan, Perinatologi untuk pelayanan rawat inap bayi, bangsal Melati untuk pelayanan kesehatan anak, bangsal Kenanga untuk pelayanan kelas VIP B/kelas I (semua spesialisasi), bangsal Mawar untuk pelayanan penyakit dalam, bangsal Cempaka untuk penyakit bedah, Puri Gangga Usadhi dan Wijaya Kusuma untuk pelayanan kelas VIP A (semua spesialisasi), dan VVIP untuk semua spesialis, serta ruang perawatan Instensif, dengan jumlah tempat tidur total sebanyak 236 TT.


PELAYANAN INTENSIF

Pelayanan Intensif dilakukan di unit khusus (ICU), masih menjadi bagian dari Instalasi Rawat Inap yang menangani berbagai jenis pasien dewasa, anak, bayi yang mengalami lebih dari satu disfungsi/gagal organ. Selain ICU, perawatan intensif juga dilakukan di NICU serta HCU yang tersebar di ruang perawatan rawat inap. Kelompok pasien ini dapat berasal dari Unit Gawat Darurat, Kamar Operasi, Ruang Perawatan, ataupun kiriman dari Rumah Sakit lain.


PELAYANAN OPERASI (PEMBEDAHAN)

Pelayanan bedah/operasi di Ruang Instalasi Bedah Sentral (IBS) RSUD Kab. Karangasem masih terbatas pada spesialisasi bedah umum, bedah obstetri ginekologi, bedah mata, bedah THT, dan bedah penyakit kulit dan kelamin.
Pada Tahun 2017, akan ditambahkan lagi spesialisasi bedah ortopedi serta akan dioperasikan 2 buah kamar operasi yang terletak di IGD untuk menangani kasus-kasus bedah yang bersifat emergency / cito. Sehingga diharapkan mampu meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.


PELAYANAN RUJUKAN

Pelayanan rujukan pasien di RSUD Kabupaten Karangasem digolongkan menjadi dua yaitu rujukan dari bawah dan rujukan ke atas. Rujukan dari bawah adalah rujukan penderita yang dikirim dari fasilitas pelayanan kesehatan yang lebih rendah yaitu: Puskesmas, Puskesmas pembantu, bidan dan dokter praktek swasta. Sedangkan rujukan ke atas adalah rujukan penderita dari RSUD Karangasem ke tempat pelayanan kesehatan lain (RS lain).
Selain itu juga, di awal Tahun 2017, dibawah IGD dibentuk Unit Ambulan RSUD Kabupaten Karangasem yang bertugas menangani pelayanan rujukan, evakuasi, siaga bencana, pendidikan kegawat daruratan, P3K, serta tugas terkait lainnya.


PELAYANAN LABORATORIUM

Untuk saat ini, jenis pemeriksaan laboratorium yang sudah dapat dilayani oleh laboratorium RSUD Kabupaten Karangasem berupa pemeriksaan laboratorium Patologi Klinik dan laboratotium Patologi Anatomi.
Pada laboratorium Patologi Klinik mampu melakukan pemeriksaan sederhana hingga pemeriksaan canggih seperti pemeriksaan kimia darah, gula darah, hematology, serologi, bakteriologi, urine, tinja dan golongan darah serta pemeriksaan mikrobiologi sederhana.
Pada Laboratorium Patologi Anatomi, mampu untuk melakukan berbagai pemeriksaan terkait dengan jaringan seperti pemeriksaan sitologi dan pemeriksaan histopatologi.
Selain itu juga, Laboratorium juga bekerjasama dengan Laboratorium Pemerintah dan Laboratorium Swasta untuk melengkapi dan meningkatkan mutu pelayanan laboratorium RSUD Kabupaten Karangasem.


PELAYANAN RADIOLOGI

Termasuk dalam lingkup pelayanan radiologi di RSUD Karangasem yaitu foto rontgent, foto rontgent gigi, CT-Scan, USG, dan Kontras. Instalasi Radiologi melayani kebutuhan pemeriksaan pasien RSUD Karangasem dan melayani pemeriksaan rujukan dari Puskesmas dan dokter praktek swasta.


PELAYANAN GIZI

Kegiatan pelayanan gizi di RSUD Karangasem meliputi pelayanan gizi di ruang rawat inap dan penyuluhan & konsultasi gizi baik bagi penderita rawat inap maupun rawat jalan yang dikelola oleh ahli gizi yang professional. Pelayanan gizi di ruang rawat inap berupa pemberian makanan/diet sesuai dengan jenis penyakit yang dideritanya dan pemberian penyuluhan & konsultasi mengenai diit kepada pasien & keluarganya yang dilaksanakan di poliklinik gizi.


PELAYANAN MEDIKO LEGAL

Pelayanan medico legal merupakan pelayanan surat-surat keterangan terkait dengan masalah hukum. Sampai saat ini yang dapat dilayani di RSUD Karangasem berupa pelayanan Visum et Repertum (VeR) yang dilakukan oleh Konsultan Mediko Legal.


PPELAYANAN BANK DARAH RUMAH SAKIT (Transfusi Darah)

Bank Darah Rumah Sakit (BDRS) RSUD Kabupaten Karangasem didirikan pada awal Tahun 2016 yang bertugas melayani persediaan darah bagi pasien-pasien RSUD Karangasem yang memerlukan transfusi darah terkait dengan penyakit yang dideritanya.


PKM-RS

Kegiatan penyuluhan kesehatan masyarakat di rumah sakit (PKM-RS) di RSUD Kabupaten Karangasem merupakan kegiatan terpadu melibatkan berbagai unit dan profesi kesehatan di rumah sakit yang di koordinir oleh Instalasi Humas dan Pemasaran Rumah Sakit. Sasaran PKM-RS adalah penderita, penunggu, pengunjung, petugas dan masyarakat umum. Metode penyampaian pesan yang dimanfaatkan antara lain: ceramah, pemutaran kaset, demonstrasi, pameran, penempelan poster dan pemberian brosur/leaflet.
Topik/materi penyuluhan yang disampaikan meliputi kesehatan secara umum, KB, KIA, Gizi, Imunisasi, Usila, Diare, Gigi dan Mulut, Kesehatan Jiwa dan Napza.


PELAYANAN VCT

Pelayanan VCT (Voluntary Counseling Test) adalah pelayanan konseling yang diberikan RSUD Karangasem bekerja sama dengan KPAD dan beberapa LSM yang bergerak di bidang pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS. Ditujukan khusus bagi pasien atau masyarakat yang diduga terinfeksi HIV.


PELAYANAN PEMULASARAAN JENAZAH

Pelayanan pemulasaran jenazah dilakukan di Ruang Sedap Malam. Berfungsi untuk melayani pasien meninggal di RSUD Karangasem dan juga jenazah dari luar RSUD Karangasem. Pelayanan yang dapat dilakukan sampai saat ini berupa pengawetan jenazah dan penitipan jenazah. Untuk mendukung kegiatan pelayanan tersebut, maka Ruangan Sedap Malam dilengkapi dengan tempat memandikan jenasah dan pemeriksaan visum serta dilengkapi pula dengan 2 unit lemari pendingin jenazah yang berkapasitas 6 jenzah.